Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Fakta Tentang Vlad Dracula |Cerita Dracula Berasal

Setelah di Artikel sebelumnya kita telah membahas tentang negara Rumania,kali ini kita akan membahas tentang kisah dari salah satu tokoh legendaris asal Rumania yang terkenal di dunia.

Tokoh yang dianggap sebagai pahlawan dan juga pemimpin bagi bangsanya ini memiliki banyak sekali kontroversi baik dari pihak kerajaan lawan maupun dari kalangan bangsawan di wilayahnya.Pangeran vlad III of wallachia atau yang dijuluki sebagai vlad the impaler dan dikenal juga sebagai vlad dracula.

Kisah dari pangeran vlad ini kemudian menginspirasi sebuah novel yang diterbitkan pada tahun 1897.Hingga saat ini kisah sang pangeran sudah di tuliskan dalam beberapa judul buku yang berbeda.Dari beberapa sumber yang kami kumpulkan,berikut sejarah dan fakta dari pangeran Vlad III Of Wallachia.

Pangeran vlad III of wallachia atau yang di kenal dengan vlad the impaler,adalah seorang penguasa wilayah wallachia atau yang disebut sebagai voivode of wallachia selama sekitar 3 kali periode sejak tahun 1448 hingga 1477 yang merupakan tahun kematiannya.

Dia juga sering dianggap sebagai salah satu penguasa terpenting dalam sejarah wallachia dan juga sebagai pahlawan nasional Rumania.

Vlad III merupakan putra kedua dari vlad II of wallachia atau yang dikenal sebagai vlad dracul,yang menjadi penguasa wallachia pada 1436.

Vlad II menghabiskan masa mudanya di istana sigismund of luxembourg,yang kemudian membuatnya menjadi anggota dari ordo naga atau order of the dragon pada tahun 1431.Dan inilah asal mula nama dracul juga melekat pada anaknya vlad III.

Ketika remaja vlad III dan adiknya yang bernama radu pernah di tawan oleh ottoman,disana dia dan adiknya mendapat pendidikan dan dipersiapkan untuk menjadi calon pemimpin wilayah mereka.

Mereka dididik dalam logika, al quran, bahasa dan sastra turki dan persia.Kedua kakak beradik itu di bawa ke berbagai garnisun di edirne,selama masa tersebut radu adik dari vlad III berkawan akrab dengan mehmed II yang merupakan putra dari sultan murad II.

Pada tahun 1448, vlad III kembali ke wallachia membawa serta pasukan dari ottoman yang bertujuan untuk mengambil kembali tahta wallachia setelah ayah dan kakak tertuanya di bunuh oleh john hunyadi.

Vlad III mendapatkan julukannya sebagai vlad the impaler terkait pada metode penyulaan yang merupakan metode eksekusi favoritnya.Metode ini mempertontonkan siksaan terhadap tawanan yang dibiarkan mati dengan cara impaled atau ditusuk dengan batang kayu.

Hal tersebut sebagai salah satu strategi untuk melemahkan mental lawan-lawannya.Sedangkan nama dracula yang didapatkan,berasal dari julukan ayahnya vlad dracul yang menerima nama tersebut setelah bergabung dalam ordo naga atau order of the dragon.

Ordo naga sendiri adalah tatanan kesatria monarki untuk para bangsawan dan raja-raja eropa,yang didirikan pada tahun 1408 oleh sigismund of luxembourg raja hongaria,ordo ini di bentuk untuk melindungi salib kristen dan melawan musuh-musuh kristen,khususnya kekaisaran ottoman.

Dracula adalah bentuk genitif slavia dari kata darcul atau draco dalam bahasa latin yang berarti anak sang naga.Dalam bahasa Rumania modern dracul memiliki arti iblis,yang berkontribusi pada reputasi vlad.untuk mengenal lebih jauh tentang vlad dracula,berikut adalah 10 fakta tentang vlad dracula.

Nama dracul di berikan kepada ayah vlad III, yaitu vlad II oleh sesama kesatria yang termasuk dalam ordo perang salib kristen yang di kenal sebagai order of the dragon atau ordo naga.Dracul diterjemahkan menjadi naga dalam bahasa Rumania.

Pada 1431, raja sigismund dari hongaria yang kemudian menjadi kaisar romawi suci - melantik vlad II ke dalam ordo ksatria.Order of the dragon dikhususkan untuk satu tugas:yaitu mengalahkan kekaisaran ottoman.Putranya, vlad III akan dikenal sebagai draculea atau putra sang naga.Dalam bahasa Rumania modern, kata drac mengacu pada iblis.

Vlad III lahir pada tahun 1431 di negara bagian wallachia,yang sekarang bagian dari selatan Rumania,wallachia adalah salah satu dari tiga kerajaan yang membentuk Rumania pada saat itu,bersama dengan transylvania dan moldavia.

Terletak di antara kristen eropa dan tanah muslim di kekaisaran ottoman,wallachia adalah tempat terjadinya sejumlah besar pertempuran berdarah.Saat pasukan ottoman bergerak ke barat,tentara salib kristen berbaris ke timur menuju tanah suci,wallachia menjadi tempat kekacauan yang terus-menerus.

Pada 1442,vlad dan adik laki-lakinya yang berusia 7 tahun yaitu radu,menemani ayahnya dalam misi diplomatik di jantung kekaisaran ottoman.Namun ketiganya ditangkap dan disandera oleh diplomat ottoman.Penculik mereka memberi tahu vlad II bahwa dia dapat dibebaskan,dengan syarat kedua putranya tetap tinggal disana.

Percaya bahwa itu adalah pilihan teraman untuk keluarganya, akhirnya vlad II setuju.Kedua anak tersebut ditahan di sebuah benteng di atas jurang berbatu di atas kota eğrigöz,yang sekarang adalah doğrugöz di turki.Selama 5 tahun ditahan di dalam benteng,vlad dan saudara laki-lakinya diajari seni perang,sains, dan filsafat.Namun beberapa catatan menyatakan bahwa dia juga menjadi sasaran penyiksaan dan pemukulan,dan diperkirakan pada saat inilah dia mengembangkan kebenciannya terhadap ottoman.

Sekembalinya Vlad II dari ottoman,vlad II digulingkan dalam kudeta yang diatur oleh penguasa perang lokal yang dikenal sebagai boyar.Dia dibunuh di rawa-rawa di belakang rumahnyasementara putra tertuanya, mircea II, disiksa, dibutakan dan dikubur hidup-hidup.

Vlad III dibebaskan tak lama setelah kematian keluarganya,namun saat itu dia sudah mulai menyukai kekerasan.

Untuk mengkonsolidasikan kekuasaan dan menegaskan dominasinya,dia memutuskan untuk mengadakan jamuan makan dan mengundang ratusan anggota keluarga saingannya.

Mengetahui otoritasnya akan ditantang,.dia meminta tamu-tamunya ditikam dan tubuh mereka yang masih berkedut ditusuk pada paku.

Pada 1462, dia berhasil naik takhta walllachian dan berperang dengan ottoman,yang memiliki kekuatan musuh tiga kali lebih besar dari miliknya.Vlad memerintahkan anak buahnya untuk meracuni sumur dan membakar tanaman.Dia juga membayar orang yang sakit untuk menyusup dan menginfeksi musuh.

Korbannya sering dikeluarkan isi perutnya,dipenggal dan dikuliti atau direbus hidup-hidup.Namun penyulaan menjadi metode pembunuhan pilihannya,Penusukan melibatkan tiang kayu atau logam yang dimasukkan melalui alat kelamin ke mulut,bahu dan leher korban.Seringkali dibutuhkan waktu berjam-jam, bahkan hingga berhari-hari, sampai korban akhirnya meninggal.

Reputasinya terus tumbuh saat dia melakukan jenis penyiksaan ini pada musuh asing dan domestik.Dalam satu cerita, dia pernah makan di antara “hutan” paku-paku dengan tubuh korban yang menggeliat.Kegemarannya untuk menusuk musuh-musuhnya dan membiarkan mereka mati memberinya nama vlad the impaler.

Pada bulan juni 1462 saat ia mundur dari pertempuran,vlad memerintahkan 20.000 orang ottoman yang kalah untuk ditusuk pada tiang kayu di luar kota târgoviște.Ketika sultan mehmed II menemukan orang-orang mati yang sedang dimakan oleh kawanan burung gagak,sultan Mehmed II kemudian mundur dan kembali ke konstantinopel.

Pada kesempatan lain,vlad bertemu dengan sekelompok utusan ottoman yang menolak melepas serban mereka,dengan alasan kebiasaan agama.Seperti yang dijelaskan oleh seorang humanis Italia Antonio Bonfini:kemudian Vlad memaku sorban mereka ke kepala mereka dengantiga paku,sehingga mereka tidak bisa melepaskannya.

Lama setelah penyulaan yang terkenal dari tawanan perang ottoman,vlad terpaksa diasingkan dan dipenjarakan di hongaria.Dia kembali pada 1476 untuk merebut kembali kekuasaannya di wallachia,namun kemenangannya berumur pendek.Saat berbaris untuk berperang dengan ottoman, dia dan tentaranya disergap dan dibunuh.Menurut Cerita pasukan ottoman memotong-motong jenazahnya dan kepalanya diarak dan dikirimkan ke sultan mehmed II,untuk ditampilkan di depan para tamu kota dan Jenazahnya tidak pernah ditemukan

Vlad the Impaler adalah seorang penguasa yang brutal.Namun dia masih dianggap sebagai salah satu penguasa terpenting dalam sejarah wallachia dan pahlawan nasional Rumania.Kampanye kemenangan melawan pasukan ottoman yang melindungi wallachia dan eropa telah membuatnya dipuji sebagai seorang pemimpin militer.Ia bahkan dipuji oleh paus pius II,yang menyatakan kekagumannya atas prestasi militernya dan karena membela susunan kristen.

Diyakini bahwa stoker mendasarkan karakter judul 'Dracula' tahun 1897-nya pada vlad the impaler.Namun kedua karakter tersebut hanya memiliki sedikit kesamaan.Meskipun tidak ada bukti konkret untuk mendukung teori ini,sejarawan berspekulasi bahwa percakapan stoker dengan sejarawan hermann bamburger.mungkin telah membantunya memberikan informasi tentang sifat vlad.

Terlepas dari sifat haus darah vlad yang terkenal,novel stoker adalah yang pertama membuat hubungan antara drakula dan vampir.Itulah biografi dan fakta dari pangeran vlad III of wallachia.

Posting Komentar untuk "10 Fakta Tentang Vlad Dracula |Cerita Dracula Berasal"