Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wow! Inilah Daftar Negara dengan Tingkat Kejahatan Paling Tinggi

Wow! Inilah Daftar Negara dengan Tingkat Kejahatan Paling Tinggi

Jika kita berbicara tentang apa itu kejahatan?

Tentunya kita berbicara tentang pelanggaran hukum atau norma, perilaku yang menimbulkan kerugian,perilaku yang menjengkelkan atau perilaku yang imbasnya menimbulkan korban.

Secara umum definisi kejahatan adalah perbuatan melanggar hukum atau aturan-aturan yang berlaku dan dilakukan oleh seseorang yang menimbulkan kerugian pada orang lain.

Lalu negara mana yang memiliki tingkat kejahatan tertinggi di dunia?.

Dalam kamus besar Bahasa Indonesia, kejahatan diartikan sebagai perilaku yang bertentangan dengan nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku yang telah disahkan oleh hukum tertulis.

Kejahatan merupakan suatu fenomena yang sangat kompleks yang dapat dipahami dari berbagai sisi yang berbeda.

Data dari numbeo.com menyajikan indeks tingkat kejahatan pada negara-negara di dunia yang di himpun dari hasil survei situs tersebut,dihitung dengan membagi jumlah kejahatan yang dilaporkan dengan total populasi negara,lalu hasilnya dikalikan 100.000.

Dan berikut adalah 10 negara dengan tingkat kejahatan tertinggi di dunia berdasarkan numbeo.com.

10. Peru

peru

Peru berada di urutan kesepuluh dalam daftar dengan indeks kejahatan sebesar 65,65.Area yang menjadi perhatian di Peru termasuk perbatasan Kolombia-Peru karena kejahatan dan area yang dikenal sebagai Valley Of the Rivers Apurimac, Ene and Mantaro disingkat dengan VRAEM karena kejahatan dan terorisme.

Di banyak bagian negara, terutama kota Lima , perampokan bersenjata,penyerangan, perampokan, dan pencurian kecil-kecilan adalah hal yg sangat biasa. Meskipun pengunjung asing biasanya bukan sasaran kejahatan,mereka rentan karena banyak perampokan biasa terjadi di sepanjang rute antara bandara dan hotel.

Korupsi, kekerasan dalam rumah tangga, dan perdagangan obat-obatan terlarang juga menjadi perhatian utama di Peru.

9. El Salvador

el salvador

Seperti yang sudah sempat kita singgung pada artikel sebelumnya tentang negara El Salvador.

Baca Juga :

Negara ini menepati peringkat kesembilan dalam indeks kejahatan di angka 67,84.

Kejahatan terorganisir adalah masalah terbesar di El Salvador, yang berkontribusi pada sebagian besar kekerasan sosial, dengan dua geng terbesar di negara itu, yaitu MS-13 dan Barrio 18.

Diperkirakan ada 25.000 anggota gengster pada umumnya di El Salvador,selain 9.000 yang di penjara, dan sekitar 60.000 anak muda di geng pemuda, yang mendominasi negara.

Gengster yg ada di El Savador juga telah membina hubungan dengan pengedar narkoba dan juga mengakibatkan perselisihan wilayah dengan pengedar narkoba.

Selain gerombolan, tingkat pengangguran yang tinggi dan upah yang rendah di El Salvador telah mendorong keluarga ke daerah-daerah yang terpinggirkan di mana kejahatan lebih sering terjadi.

Kejahatan properti, seperti perampokan, pencurian, dan pencurian kendaraan, adalah kejahatan yang paling sering dilakukan.

8. Guyana

guyana

Peringkat ke delapan negara dengan tingkat kejahatan tertinggi adalah Guyana, dengan indeks kejahatan 68,15.

Guyana memiliki tingkat pembunuhan sekitar empat kali lebih tinggi daripada di Amerika Serikat.

Meskipun ada persyaratan perizinan yang ketat untuk memiliki senjata api,penggunaan senjata oleh penjahat adalah hal yang umum.

Kekerasan dalam rumah tangga biasa terjadi di semua wilayah Guyana,hal tersebut terjadi karena penegakan hukum kekerasan dalam rumah tangga yang lemah.

Perampokan bersenjata juga biasa terjadi, terutama di Georgetown.Selain itu, turis sering menjadi korban pembobolan hotel, perampokan, dan penyerangan.Pengunjung Guyana disarankan untuk meningkatkan kewaspadaan karena kejahatan.

7. Brazil

brazil

Brasil memiliki tingkat kejahatan tertinggi ketujuh di dunia dengan tingkat kejahatan kekerasan yang cukup tinggi, indeks kejahatan di negara ini adalah 68,31.

Baca Juga :

Tingkat pembunuhan di Brasil berkisar antara 30 hingga 35 pembunuhan per 100.000 penduduk,menempatkan negara Brasil di 20 negara teratas berdasarkan tingkat pembunuhan yang disengaja.

Namun, antara 2017 dan 2018, tingkat pembunuhan turun 13% dari 59.000 pembunuhan menjadi 51.000.

Masalah terbesar Brasil adalah kejahatan terorganisir, karena kejahatan terorganisir telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir dan kekerasan antara kelompok saingan adalah kejadian yang umum.

Perdagangan narkoba, korupsi, dan kekerasan dalam rumah tangga adalah masalah yang merajalela di Brasil.Antara 10 dan 15 wanita dibunuh setiap hari dinegara Brasil.

6. Trinidad dan Tobago

Trinidad Tobago

Trinidad dan Tobago memiliki tingkat kejahatan tertinggi keenam di dunia, dengan indeks kejahatan 72,43.

Pemerintah Trinidad dan Tobago menghadapi beberapa tantangan dalam pengaruhnya untuk mengurangi kejahatan,seperti perlawanan birokrasi terhadap perubahan, pengaruh negatif gengster, narkoba,resesi ekonomi, dan sistem hukum yang terbebani. Ada juga permintaan besar akan senjata ilegal,yang didorong oleh perdagangan narkoba dan aktivitas yang berhubungan dengan gengster.

Baca Juga :

Trinidad dan Tobago memiliki nasihat perjalanan Tingkat 2, yang berarti bahwa pelancong harus lebih berhati-hati.Pengunjung biasanya menjadi korban pencopetan, penyerangan, pencurian, dan penipuan.

5. Honduras

Honduras

Dengan indeks kejahatan 76,65. Honduras menempati urutan kelima untuk kejahatan tertinggi.

Puncak kejahatan kekerasan di Honduras terjadi pada tahun 2012, di mana negara tersebut mengalami sekitar 20 pembunuhan per hari.

Pelaku pembunuhan ini biasanya adalah anggota geng seperti Mara Salvatrucha dan dilakukan dengan menggunakan senjata api.

Selain itu Honduras juga dianggap sebagai jalur narkoba utama ke Amerika Serikat.

Penegakan hukum domestik yang lemah telah membuat negara ini menjadi titik masuk yang mudah untuk perdagangan obat-obatan terlarang.

Departemen Luar Negeri amerika serikat telah mengeluarkan nasihat perjalanan Tingkat 3 untuk Honduras,yang menunjukkan bahwa pelancong harus mempertimbangkan kembali untuk memasuki negara Honduras

4. Afganistan

Afganistan

Pada peringkat keempat adalah negara Afghanistan dengan indeks kejahatan 76,97.

Kejahatan hadir di negara ini dalam berbagai bentuk termasuk korupsi,pembunuhan / kontrak pembunuhan, perdagangan narkoba, penculikan, dan pencucian uang.

Setelah penarikan Soviet dari Afghanistan, penanaman Opium dan perdagangan narkoba meningkat di negara tersebut dan Afghanistan sekarang menjadi penghasil opium terbesar yang ilegal.

Sejak jatuhnya Taliban, tingkat kejahatan meningkat di kota Kabul yang merupakan ibu kota negara Afghanistan.

Pengangguran yang meluas juga memicu banyaknya kejahatan di negara ini seperti perampokan dan penyerangan.

Departemen Luar Negeri amerika serikat mengeluarkan nasihat perjalanan Level 4 untuk Afghanistan,atau menasihati para pelancong untuk tidak pergi ke negara itu karena kerusuhan sipil,konflik bersenjata, kejahatan, dan terorisme.

3. Afrika Selatan

Afrika Selatan

Afrika Selatan memiliki tingkat kejahatan tertinggi ketiga di dunia dengan indeks kejahatan 77,29.

Afrika Selatan memiliki tingkat serangan, pemerkosaan, pembunuhan, dan kejahatan kekerasan lainnya yang cukup tinggi.

Baca Juga :

Hal ini telah dikaitkan dengan beberapa faktor seperti tingginya tingkat kemiskinan,ketimpangan, pengangguran, dan pengucilan sosial serta normalisasi kekerasan.

Afrika Selatan memiliki tingkat pemerkosaan tertinggi di dunia yaitu 132 insiden per 100.000 orang,menyebabkan Afrika Selatan dijuluki sebagai "ibu kota pemerkosaan dunia".1 dari 4 pria yang disurvei oleh Dewan Riset Medis Afrika Selatan mengaku pernah melakukan pemerkosaan.

2. Papua Nugini

Papua Nugini

Peringkat kedua adalah negara Papua Nugini dengan indeks kejahatan 80,04,

Kejahatan terutama dengan kekerasan di papua nugini sebagian besar dipicu oleh perubahan sosial, ekonomi dan politik yang cepat.

Meningkatnya pengangguran telah mengakibatkan kemiskinan di daerah pedesaan, sementara pergeseran berurutan ke daerah perkotaan telah menciptakan gesekan budaya.

Kota-kota besar seperti kota Port Moresby, Mt. Hagen dan Lae, telah menjadi titik panas berbagai bentuk kekerasan termasuk perilaku kriminal seperti pencurian, pembajakan mobil, perampokan dengan kekerasan,penyerangan seksual dan pembunuhan.Geng Raskol adalah geng yang terlibat dalam aktivitas kriminal skala kecil dan besar dan sebagian besar terdiri dari anggota dengan pendidikan dan kesempatan kerja terbatas atau informal.

Kejahatan terorganisir dalam bentuk korupsi juga sering terjadi di kota-kota besar dan sebagian besar berkontribusi pada tingginya angka kejahatan.

Selain itu, geografi Papua Nugini membuatnya menarik untuk narkoba dan perdagangan manusia.

1. Venezuela

Venezuela

Negara yang menduduki peringkat pertama dengan tingkat kejahatan tertinggi di dunia adalah Venezuela.

Venezuela memiliki indeks kejahatan sebesar 84,36, nilai tertinggi dari negara manapun di dunia.

Departemen luar negeri amerika serikat telah mengeluarkan peringatan perjalanan level 4 untuk Venezuela,yang menunjukan bahwa pergi ke negara tersebut tidak aman dan pelancong tidak disarankan untuk bepergian ke negara tersebut.

Venezuela memiliki salah satu jumlah kematian akibat kekerasan tertinggi di kawasan Amerika Latin dan di dunia.

Tahun 2019 lalu Venezuela di tutup dengan perkiraan sekitar 16.506 pembunuhan dan tingkat 60 kematian akibat kekerasan per 100.000 penduduk.

Tingkat kejahatan yang tinggi di negara ini telah dikaitkan dengan korupsi di kalangan otoritas Venezuela,sistem peradilan yang buruk dan kontrol senjata yang buruk.

Tingkat Kejahatan Di Asia Tenggara

Lalu Bagaimana dengan Indonesia dan negara-negara di Asia Tenggara?

Dalam indeks tersebut di tuliskan bahwa :

  • Malaysia berada diatas pada peringkat ke 26 dengan indeks kejahatan 58,55.
  • Kamboja di urutan ke 40 dengan indeks kejahatan 52,18.
  • Myanmar di urutan ke 53 dengan indeks kejahatan sebesar 46,65.
  • Vietnam berada pada peringkat ke 55 dengan indeks kejahatan 46,52.
  • Indonesia menempati peringkat ke 58 dengan indeks kejahatan 46,06.
  • Thailand berada pada peringkat ke 81 dengan indeks kejahatan 40,01.
  • Singapura berada pada peringkat ke 100 dengan indeks kejahatan di negara ini sebesar 31,53.
  • Brunei darusalam menempati peringkat ke 107 dengan indeks kejahatan 28,75.

Itulah negara dengan tingkat kejahatan tertinggi di dunia,data yang digunakan dalam penilaian tersebut mungkin tidak 100% benar dan bisa berubah-ubah setiap waktu,data tersebut juga tidak dapat mewakili keadaan yang sebenarnya di negara-negara tersebut.

Tapi dari sini semoga kita bisa belajar bahwa bagaimanapun juga tindak kejahatan hanya akan menimbulkan kerugian dan kemunduran pada suatu negara.

Posting Komentar untuk "Wow! Inilah Daftar Negara dengan Tingkat Kejahatan Paling Tinggi"